Kamis, 13 Januari 2011

*= JANGAN MENYERAH =*


JANGAN MENYERAH

Setiap kita pasti ada permasalahan dalam kehidupan kita, baik masalah pribadi, keluarga, teman dan masih banyak lagi permasalah yang selalu menghadang kita dalam mengarungi kehidupan ini. Merasa tertekan kadang bisa membuat kita berfikir kurang jernih, tidak bisa membuat kita melihat suatu permasalahan secara gamblang.

Dan hanya dengan semangatlah kita dapat menghadapi semua masalah yang menghadang kita, semangat untuk maju, semangat untuk tetap menatap masa depan, semangat untuk bisa mempersembahkan yang teraik bagi diri kita, keluarga kita, sahabat kita, dan semua orang yang ada disisi kita.

Terkadang putus asa dan menyerah dalam menghadapi masalah  karena begitu seringnya menghantui kita, dan kadang kita pun berusaha untuk menghindar, dan mengesampingkan masalah yang dirasa begitu berat di hati, serta pikiran bahkan sering membuat kita mati gaya, hilang ekpresi. Tak ada motifasi dan kita sembunyi dibalik kata kata sendi.

Bahwa manusia yang lahir didunia yang fana ini, tiada yang sempurna semua ada kekurangannya, karena kesempurnaan hanya milik-Nya. Memang benar namun kita pun perlu untuk mengkaji bahwa Bersyukur dengan apa yang telah Allah anugrah kepada kita itu adalahmerupakan  solusi yang terbaik agar hidup kita ini selalu tenang tentram dan damai.

Dan Tuhan pasti menunjukan kebesaran-Nya bagi hamba-hambanya yang selalu semangat dan pantang  menyerah dan tidak berputus asa dalam mengadapi hidup ini.

Terlebih jika kita mau meninjau kehidupan Sang Baginda Nabi Salallahu alaihi wasalam maka pasti kita pun  akan tercengang sebagaimana diungkapkan oleh:


“Aisyahradhiyallahu 'anha, dalam kehidupan:
"Keluarga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah makan roti gandum sampai kenyang dua hari berturut-turut hingga beliau wafat." (HR. Muslim)

Dalam riwayat lain disebutkan:
"Keluarga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah makan roti gandum sampai kenyang tiga hari berturut-turut semenjak tiba di kota Madinah sampai beliau wafat." (Muttafaq 'alaih)

Bahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah tidak mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Hingga beliau tidur dalam keadaan lapar, tidak ada sesuap makanan pun yang mengganjal perut beliau. Ibnu Abbas menuturkan sebagai berikut:
"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan keluarga beliau tidur dalam keadaan lapar selama beberapa malam berturut-turut. Mereka tidak mendapatkan hidangan untuk makan malam. Sedangkan jenis makanan yang sering mereka makan adalah roti yang terbuat dari gandum." (HR. At-Tirmidzi)

Keadaan seperti itu bukan karena beliau tidak punya atau kekurangan harta. Justru harta melimpah ruah berada dalam genggaman beliau dan harta-harta pilihan diusung ke hadapan beliau. Akan tetapi, Allah Subhanahu wata’ala memilih keadaan yang paling benar dan sempurna bagi Nabi-Nya Subhannahu wa Ta'ala.

Akan tetapi perlu di ingat bukankah Allah Subhanahu wata’ala telah memberikan sebuah senjata yang ampuh yg dapat untuk dijadikan Motifasi yaitu sebagai mana”Firman-Nya: "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ( QS. Al Baqarah:286 .)

Semoga dengan sajian ini ada manpaatnya dan mohon maaf bila ada kekurangan atau kehilapan itu semua akibat dari kebodohan penulis. Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar