Jumat, 14 Januari 2011

* Lima macam " Kalimah Istighfar













Di antara  kalimah istighfar sebagai berikut :

a). Astaghfirullah, Astaghfirullah
 (Saya memohon ampun kepada Allah, saya memohon ampun kepada Allah)”.

b). Astaghfirullahal’adzhim
 (Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung)”.

c. Astaghfirullahal’adzhim wa atuubu ilaih
 (Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung dan bertobat kepadaNya)”.

d. Astaghfirullahal’adzhim minkulli dzanbin wa atuubu ilaih
 (Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung dari segala dosa dan bertobat kepada-Nya)”.

e. Astaghfirullahal’adzhim alladzii laa ila ha illa huwal hayyuul qayyuum wa atuubu ilaih 
(Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri dan saya bertobat kepada-Nya)”.

f). Allahummaghfiratuka awsa’u min dzunuubi wa rahmatuka arjaa min ‘amalii 
(Wahai Tuhanku, ampunan Engkau sesungguhnya lebih luas dari dosa-dosaku, dan rahmat Engkau lebih kuharapkan dari amalku sendiri).”

g). Rabbighfirlii wa tub ‘alayya innaka antatawwaabur rahiim 
(Wahai Tuhanku, ampunilah kiranya aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkaulah Tuhan yang maha menerima taubat lagi maha pengasih).”

h). Allahumma annta Rabbi Laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anna abduka wa ana ‘aala ahdika wa wa’dika – Mastatho’tu A-‘uudzubika minsyarrimaa shona’tu abuu-ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu-‘u bidzambii faghfirlii fainnahu Laa yaghfirudz-dzunuu-ba illa ant. (Artinya)

Wahai Tuhanku, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan yang berhak kusembah kecuali hanya Engkau sendiri. Telah Engkau jadikan aku dan aku ini adalah hamba-Mu, dan aku ini senantiasa di dalam genggaman dan ketetapan-Mu. Tidak adalah kesanggupan sedikit juapun padaku, aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan-kejahatan apa yang telah kulakukan. Aku menyadari akan segala nikmat yang telah Engkau berikan kepadaku dan aku tahu pula akan dosaku, maka ampunilah kiranya aku, karena sesungguhnya tiadalah yang mengampuni dosaku itu hanya Engkau.”

Kalimat istighfar pada point h ini disebut oleh Rasulullah SAW sebagai Penghulu Istighfar (Sayyidul Istighfar). Itulah beberapa bentuk kalimat istighfar namun masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga Bermanfa'at,Aamiin

1 komentar: