Jumat, 14 Januari 2011

* Belajar dari Kritik dan Saran *











Belajar dari Kritik dan Saran
*************************
Sahabat. Pernahkah Anda dikritik,
baik secara langsung
maupun tidak langsung??

kalau pernah, mungkin
pesan ini bisa bermanfaat
buat para Sahabat.

Pada saat Anda menerima
kritikan atas apa yang
Anda lakukan dan Anda kerjakan,
mungkin akan ada beberapa perasaan
yang muncul, seperti marah, emosi, sedih,
kecewa atau apa saja yang muncul.

Dan mungkin bisa saja ada perasaan patah semangat misalnya,
dan Anda menjadi enggan untuk melanjutkan pada apa yang sudah anda kerjakan.

Karena dalam hal ini aku sendiri sering mengalami banyak kritikan
yang masuk terkait dengan aktivitas saya ngeblog di ini.

Awalnya saya merasa risih juga, cuma akhirnya setelah saya
renungkan, ternyata memang kritik tersebut memangada benarnya juga.
Sehingga tidak menjadi aku patah semangat, tapi aku terima kritik dan
saran yang masuk itu dengan lapang dada.

Kritik dan saran yang masuk, kemudian saya pahami dan
saya gunakan untuk mengevaluasi apa yang sudah aku kerjakan,
dan akhirnya hal itu malah memacu saya untuk menjadi semakin baik.

Berdasarkan pengalaman itu, kemudian aku menyimpulkan beberapa
langkah yang harus diambil dalam hal terkait dengan kritik dan saran
yang kita terima pada saat kita mengerjakan sesuatu hal.

Pertama simaklah dan ambillah langkah-langkah sebagai berikut :
Pertama Terima kritik dan saran yang masuk dan jangan buru-buru memberikan komentar.
Pahami saja dahulu bahwa kritik dan saran yang masuk adalah hal yang baik
yang bisa Anda gunakan sebagai hal positif untuk membangun diri Anda sendiri.
Pelajarilah setiap kritik dan saran yang masuk.

Untuk lebih memudahkan Anda,
Anda bisa mencari informasi lain lewat internet atau
bertanya kepada orang yang Anda anggap mengerti mengenai
hal tersebut.

Gunakan kritikan dan saran yang masuk serta informasi yang Anda
terima untuk mengevaluasi pekerjaan yang sedang Anda lakukan.
Dari hasil evaluasi itu Anda bisa lanjutkan pekerjaan Anda.
Tentu saja dengan cara yang sudah Anda evaluasi.

Poin terpenting adalah bahwa pada saat anda menerima kritik dan
saran itu berarti bahwa pekerjaan yang sedang Anda lakukan sedang
diperhatikan dan dicermati oleh orang lain.

Dan apabiala udah kandung, di orbit baik dalam bentuk, Status atau catatan
Maka jangan Anda langsung menghapus atau membalas kritik dari orang lain
karena hal itu selain akan merugikan diri Anda juga akan menimbulkan
sakwasangka dan fitnah, maka dengan demikian  akan merugikan Anda di
kemudian hari.

Tapi cukuplah Anda meminta maaf dan menjelaskan pada apa yang telah Anda
lakukan atau Anda perbuat.

So….Sahabat, gunakanlah kritikan dan saran yang masuk sebagai
hal positif untuk membuat Anda menjadi semakin baik lagi.

Jangan patah semangat. Lewat pesan ini saya mau mengucapkan
terima kasih atas kiritikan dan saran yang sudah saya terima.

dan untuk para Sahabat yang udah mau membacanya, aku ucapkan banyak terima kasih.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar