Senin, 24 Januari 2011

Jika ingin memiliki hati yg bersinar


Jika engkau ingin memiliki hati yang bersinar_Bersih dari kotoran-kotoran_Perbanyaklah berdzikir_Teruslah berdzikir baik diwaktu malam maupun pagi_Dan dalam setiap keadaan baik dengan lisan maupun hati. (petikan dari qasidah Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad).
Salah satu ciri2 ilmu agama yang bermanfaat ialah semakin dikaji semakin menambah rasa takut kepada Alloh SWT, bukannya merasa semakin pintar tetapi harusnya lebih tawaddhu (rendah hati)
Barangsiapa yg merasa takut kepada Alloh di dunia ini, Alloh tidak akan menimpakan rasa takut pada hari kiamat, bahkan Alloh menjaganya dan memeliharanya dari kedahsyatan siksa hari kiamat dan akan menjauhkannya dari rasa kegoncangan dan terkejut.
Allohumma Innii A'uuzubika min Syarri nafsii wa win Syarri kulli Daaabbatin anta aakhizun binaashiyatiha Inna Robbii 'alaa shiroothim mustaqiim - Ya Alloh aku berlindung dari-MU dari kejahatan diriku (Nafsuku), dan dari segala kejahatan mahluk yg bergerak (bernyawa) yang ubun-ubunnya berada dlm genggaman-MU, Sungguh tuhanku dijalan yang lurus (Adil)
Orang yg merasa takut kepada Alloh akan selalu tunduk & taat melakukan titah perintah-NYA, menghiasi dirinya degan segala macam sifat2 keutamaan serta membersihkan dirinya dari segala macam sifat kekejian dan kecelaan
Barangsiapa merasa aman didunia ini, Alloh tidak akan memberikan rasa aman & tenteram pada hari kiamat, malah akan menimpakan rasa takut & khawatir serta Alloh akan menyiksanya sesuai amal perbuatannya
Firman Alloh: ''Yauma laa yanfa'u maalun walaa banuuna illa man atAlloha biqolbin saliim'' - Pada hari yg tiada berguna harta kekayaan maupun anak-anak, kecuali orang yang datang menghadap kepada Alloh degan hati suci bersih dan jernih (Alqur'an 26 Asy-Syuara 88,89)
 Firman Alloh dlm Hadits Qudsi: Aku tdk akan mghimpunkan 2 macam ktakutan bg hambaKu & tdk pula akan mngumpulkan 2 macam rasa aman baginya. Jika ia merasa aman drpdKU didunia, Aku akan berikan rasa takut kpdnya pd hari kiamat: Dan jika ia merasa takut kpdKU didunia, Aku akan berikan kpdnya rasa aman pd hari kiamat (R.Ibnu Mubarak dr AlHasan)
Seseorang apabila merasa takut kpd Tuhannya sangat ber-hati2 utk tdk melibatkan dirinya dlm kejahatan,kedurhakaan & maksiat dan akan dibangkitkan pd hari kiamat kelak dlm keadaan aman,tentram tdk merasa takut maupun cemas,malahan akan mendptkan kemenangan RAHMAT & KERIDOAN ALLOH SWT
Firman Alloh: Yaaa ayyuhal laziina aaamanuu tuubuuu ilALLOHi taubatan nasuuhan 'asaa robbukum an yukaffiro 'ankun sayyiaatikum wayud khilakum jannatin tajrii min tahtihal anhaar: ''Hai org2 yg beriman bertobatlah kpd Alloh dgn tobat yg sungguh2 & ikhlas, smg Tuhanmu menghapus dosa2mu & memasukkanmu kedlm sorga yg mengalir dibawahnya sungai2 (QS At-Tahrim 66: 8)
 Firman Alloh ta'ala: ''Wa man ya'mal suu aan au yajliim nafsahu tsumma yastaghfirillaha yajidillaaha ghofuronn rohiimaa'': Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan atau aniaya diri, kemudian mohon ampun kepada Alloh, niscaya ia akan mendapati Alloh maha pengampun lagi maha penyayang (Al-Qur'an Annisa 110)
Firman Alloh: Wa tuubuuu ilAllohi jamiian ayyuhal mu'minuuna la'allakum tuflihuun - Dan bertaubatlah kamu semuanya kepada Alloh wahai orang2 yang beriman agar kamu berbahagia (Al-Qur'an Surat AnNuur: 31)
Firman Alloh: Istaghfiruu Robbakum tsumma tubuuu ilaihi - Mohon ampunlah kamu sekalian kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepadaNYA (AlQur'an Surat Hud: 3)
Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Saya mendengar Rasululloh SAW bersabda: ''Demi Alloh, sesungguhnya saya membaca Istighfar dan bertaubat kepadaNYA lebih dari tujuh puluh kali setiap harinya'' (Hadist shahih Riwayat Bukhari)
 Alloh berfirman dalam hadits Qudsi: Man 'alima annii zuu qudrotin 'alaa maghfirotiz zunuubi ghofartu lahu walaa ubaalii maa lam yusyrik bii syai ann'' - Barangsiapa yg mengetahui sesungguhnya Akulah yang mempunyai kekuasaan utuk mengampuni segala dosa, niscaya dia Kuampuni dan Aku tidak perduli (betapa banyak atau besar dosanya) asal tidak menyekutukan sesuatupun degan Aku (HR Hakim & Tabrani dari Ibnu Abbas r.a.)
Rasululloh SAW bersabda: Seandainya seseorang itu mempunyai satu lembah dari emas, niscaya ia ingin dua lembah, dan tidak ada yang memenuhi mulutnya kecuali tanah (ia tdk akan merasa puas terhadap dunia ini sebelum mati) Dan Alloh akan senantiasa menerima taubat orang yang bertaubat (HR Bukhari & Muslim dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik)
 Firman Alloh: Fasabbih bihamdi robbika wastaghfirhu innahu kaana tawwaba. Yang artinya: Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepadaNYA, Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima Taubat. (AlQur'an Surah An-Nashr: 3)
Nabi SAW bersabda: Barangsiapa pada sore hari mengucapkan:''Radhiinaa bILLAHi robbaa, Wa bil Islaami diinaa, Wa bi Muhammadin nabiyyaa wa Rosuulaa: Kami ridha bahwa Alloh adalah Tuhan kami, dan Islam adalah agama kami, dan Muhammad adalah Nabi & Rosul kami'' , Maka
Alloh pasti akan ridha kepadanya (HR At-Turmudzi dari Tsauban ra) note:huruf double 2 harakat dibaca panjang.
 Dan jika engkau ingin memiliki hati yang bersinar... bersih dari kotoran-kotoran...Perbanyaklah berdzikir...Teruslah berdzikir baik diwaktu malam maupun pagi...Dan dalam setiap keadaan... baik dengan lisan maupun hati... (petikan qasidah dari Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad)
SURAT AL-FAATIHAH: *Sebanding dgn sepertiga dari Al-Qur'an. *Wajib dibaca ketika sholat, tidak sah sholat seseorang jika tidak membacanya. *Jika dibaca sebelum tidur, Alloh akan mewakilkan untuknya malaikat yg akan bangun bersamanya jika dia bangun. Dan banyak lagi ke-utamaan2 lainnya.
 RAHASIA & KEUTAMAAN AYAT KURSI: *Sesungguhnya ia (Ayat Kursi) adalah ayat yang sangat agung yg terdapat dalam Al-Qur'an. *Dibaca pagi dan petang dpt menjaga dirimu & keluarga dari kejahatan jin & manusia. *Setara dgn membaca seperempat Al-Qur'an. *Dibaca setelah sholat fardhu,maka tidak ada yang dapat mencegahnya untuk masuk kedalam surga kecuali kematian (apabila sampai ajalnya pasti dimasukkan ke dalam surga)
 RAHASIA & KEUTAMAAN ''AAMANAR ROSUULUU'' (dua ayat terakhir dari surah Al-Baqaroh): *Sabda Nabi SAW: Surah Al-Baqaroh ditutup dengan dua ayat yang keduanya diturunkan padaku dari sumbernya yang terdapat dibawah Arsy, oleh karena itu pelajarilah dan ajarkanlah kepada istri2mu, anak2mu karena sesungguhnya didlmnya terkandung sholat, Al-Qur'an dan Doa (Menyebabkan keridhoan ALLOH SWT)
**************
 1. Dzikir & Doa: LAA ILAAHA ILLALLOH WAHDAHU LAA SYARIIKALAHU LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU YUHYII WA YUMIITU WAHUWA 'ALAA KULLI SYAI'IN QODIIR (dibaca 3x) - Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Alloh, tiada sekutu bagiNYA, hanya bagi-Nyalah kerajaan dan hanya bagi-Nyalah segala pujian, Dialah yang menghidupkan dan mematikan dan DIA Maha Kuasa atas segala sesuatu.
2. Dzikir & Doa: SUBHAANALLOOH WAL HAMDU LILLAH WALAA ILAAHA ILLALLOOH WALLOOHU AKBAR (3X) : Maha suci Alloh, segala puji hanyalah untukNYA, tiada Tuhan selain Alloh dan Alloh Maha Besar (ket.: huruf ganda dibaca panjang dua harokat mnrt ilmu tajwid)
3. Dzikir & Doa: SUBHAANALLOOHI WABIHAMDIHI, SUBHAANALLOHIL 'AZHIIM (3x): Maha Suci Alloh dan segala puji bagiNYA, Maha Suci Alloh yang Maha Agung.
 4. Dzikir & Doa: ROBBANAGHFIR LANAA WA TUB 'ALAINAA INNAKA ANTAT TAWWAABUR ROHIIM (3X) Artinya: Ya Tuhan kami ampunilah dosa kami dan terimalah taubat kami, Sesungguhnya Engkau adalah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang (dzikir ke 4 dari Ratib Haddad).
5. Dzikir & Doa: ALLOHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD, ALLOHUMMA SHOLLI 'ALAIHI WA SALLIM (3X) : Ya Alloh limpahkanlah shalawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, Ya Alloh limpahkan shalawat dan salam kepada Beliau. (dzikir & doa yg ke 5 dari ratib Haddad)
 6. Dzikir & Doa: A'UUDZU BIKALIMAATILLAAHIT TAMMAATI MIN SYARRI MAA KHOLAQ (3x) :''Aku berlindung dengan kalimat Alloh yang sempurna dari kejahatan semua makhluk yang diciptakan-Nya''. Dlm kitabnya Ibnu Sunny mengatakan: Barangsiapa mengucapkannya sebanyak tiga kali maka tidak akan ada sesuatu yang membahayakannya.
7. Dzikir & Doa: BISMILLAAHIL LADZII LAA YADHURRU MA'ASMIHI SYAI UN FIL ARDHI WALAA FIS SAMAA I WAHUWAS SAMII'UL 'ALIIM. (3X) : Dengan nama Alloh yang dengan menyebut nama-Nya tidak ada sesuatu apapun baik di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (dzikir & doa yg ke tujuh dari Ratib Haddad)
 Ke-8 dari Ratib Haddad: RADHIINA BILLAAHI ROBBAN WA BIL ISLAAMI DIINAN WA BI MUHAMMADIN NABIYYA. (3X) : Kami ridha bahwa Alloh adalah Tuhan kami, dan Islam adalah Agama kami, dan Muhammad adalah Nabi kami.
ke-9 dari Ratib Haddad: BISMILLAAHI WAL HAMDULILLAAHI WAL KHOIRI WASY-SYARRI BIMASYII ATILLAH - Artinya: Dengan nama Alloh, dan segala puji untuk Alloh, kebaikan dan keburukan semua datangnya dari Alloh. (Sabda Nabi SAW: Setiap urusan atau pekerjaan yg tdk dimulai dgn menyebut Ismillah (nama Alloh) maka urusannya atau pekerjaan itu tdk ada berkahnya).
 ke-10 dari Ratib Haddad: AAMANNAA BILLAAHI WAL YAUMIL AAKHIRI TUBNAA ILALLOOHI BAATHINAW WA ZHOOHIR. (3X) Artinya: Kami beriman kepada Alloh dan hari akhir (kiamat), Kami bertaubat kepada Alloh zhohir dan batin. Firman Alloh: Katakanlah (hai orang2 mukmin), kami beriman kepada Alloh dan kepada apa yang diturunkan kepada kami. (QS Al-Baqarah 136)
ke-11 dari ratib Haddad: YAA ROBBANA WA'FU 'ANNA WAMHUL LADZI KAANA MINNAA (3X) Artinya: Wahai Tuhan kami maafkanlah kami, dan hapuskanlah kesalahan2 kami. (Dzikir ini merupakan pengakuan dari seorang hamba akan kekurangan dirinya dlm memenuhi hak-hak Tuhannya).
 ke-12 dari Ratib Haddad: YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM AMITNAA 'ALAA DIINIL ISLAAM (7x) Artinya: Wahai Dzat yang memiliki keAgungan matikanlah kami dalam agama Islam. Kutipan Al-Qur'an: ''Dan Alloh mempunyai nama-nama yg indah, maka berdoalah kalian dgn menyebut nama-Nya'' (QS Al-A'raf) dan lagi: ''Dan janganlah kamu mati kecuali dalam muslimin'' (QS Albaqarah 132)
 Ke-13 dari Ratib Haddad: YAA QOWIYYU YAA MATIIN IKFI SYARROZH ZHOOLIMIIN - Artinya: Wahai Dzat yang Maha Kuat, Wahai Dzat yang Maha Kokoh, hentikanlah segala kejahatan dari orang-orang yang zholim (dibaca 3x). (ket.huruf dobel dibaca panjang 2 harakat, ZH=dibaca Zho huruf hijaiyah ke 17).
 ke-14 dari Ratib Haddad: ASHLAHALLOHU UMUUROL MUSLIMIIN, SHOROFALLOHU SYARROL MU' DZIIN (Dibaca 3x). Artinya: Semoga Alloh memperbaiki urusan kaum Muslimin, dan memalingkan kejahatan orang-orang yang mengganggu. (ket. SH=huruf hijaiyah ke14 shod, DZ=huruf hijaiyah ke 9 dzal, Huruf hidup dobel dibaca panjang 2 harakat)
ke-15 dari Ratib Haddad: YAA 'ALIYYU YAA KABIIR, YAA 'ALIIMU YAA QODIIR, YAA SAMII'U YAA BASHIIR, YAA LATHIIFU YAA KHOBIIR (3x) : Wahai yang Maha Tinggi, Wahai yang Maha Besar, Wahai yg Maha Tahu, Wahai yg Maha Berkuasa, Wahai yang Maha Mendengar, Wahai yg Maha melihat, Wahai yg Maha Lembut, Wahai yg Maha Menyaksikan.
ke-16 dari Ratib Haddad: YAA FAARIJAL HAMM, YAA KAASYIFAL GHOMM, YAA MAN LI 'ABDIHII YAGHFIR WA YARHAM (dibaca 3X) - Wahai Dzat yang menghilangkan segala kesedihan, Wahai Dzat yang menghapus segala kesusahan, Wahai Dzat yang memberi ampun dan mengasihi hamba-Nya.
ke-17 dari Ratib Haddad: ASTAGHFIRULLOOHA ROBBAL BAROOYAA, ASTAGHFIRULLOOHA MINAL KHOTOOYAA (dibaca 4X) Artinya: Aku meminta ampunan kepada Alloh Tuhan seluruh makhluk, Aku memohon kepada Alloh dari segala kesalahan. (dzikir ini merupakan istighfar yg sgt dianjurkan,sbgmn banyak sekali disebutkan mengenai keutamaan2 membaca istighfar baik dari Al-Qur'an maupun hadist2 Nabi saw.
 ke-18 dari Ratib Haddad: LAA ILAAHA ILLALLOOHU, LAA ILAAHA ILLALLOOH (dibaca 50X). Kedua kalimat tahlil ini dibaca dgn satu tarikan nafas,paling sedikit 25X jgn sampai kurang spy jumlah semua tahlil menjadi 50 kali, walaupun sampai berapa ribu sekalipun tdk mengapa, stl membaca dzikir ini dgn jumlah yg telah disebut diatas ditutup dgn membaca: (sambungan ada di comment)
ke-19 dari Ratib Haddad: BILMILLAAHIR ROHMAANIR ROHIIM, QUL HUWALLOOHU AHAD, ALLOOHUSH SHOMAD, LAM YALID WALAM YUULAD, WA LAM YAKUL LAHUU KUFUWAN AHAD (Dibaca 3x): Dgn nama Alloh yg Maha Pengasih,Maha Penyayang. Katakanlah DIA-lah Alloh Yg Maha Esa, Alloh tempat meminta segala sesuatu, DIA tidak beranak dan tidak diperanakkan, Dan tidak ada sesuatu yg setara dgn DIA
ke-20 dari Ratib Haddad: Ialah Al-Qur'an surah ''Al-FALAQ'' dibaca 1 kali dlm bhs arab, terjemahannya: Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yg) DIA ciptakan,dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan(perempuan2) penyihir yg meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan org yang dengki apabila dia dengki.
 ke-21 dari Ratib Haddad: BISMILLAAHIR ROHMAANIR ROHIIM. QUL A-'UUDZU BIROBBIN NAS, MALIKIN NAS, ILAAHIN NAS, MIN SYARRIL WASWAASIL KHONNAS, ALLADZII YUWASWISU FII SHUDUURIN NAS, MINAL JINNATI WAN NAS. (Dibaca 1 kali) Al-Qur'an Surah An-Nas
 ke-22 dari Ratib Haddad: ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA RIDHOOKA WAL JANNAH WA NA'UDZU BIKA MIN SAKHOTIKA WAN NAAR (dibaca 3X) Artinya: ''Ya Alloh kami memohon keridhaan-MU dan surga, dan kami berlindung dari murka-MU dan api neraka''. (ket. ini dzikir dan doa 
 Wahai Isa! Pasti AKU bangkitkan stlh kamu satu ummat.Apabila mrk peroleh yg mrk sukai,mrk memuji Tuhan & bersyukur.Apabila mrk peroleh yg tdk senangi mrk ttp tekun& sabar,Mrk tdk berlapang dada ataupun berilmu. Isa berkata: Wahai Tuhanku,bgmn mgkn hal ini terjadi kpd mrk padahal mrk dk berlapang dada ataupun berilmu? ALLOH berfirman: Ilmu dari sebagian sifatKU! (HQR Ahmad, Thabrani dlm Al-Kabir)
********

Tidak ada komentar:

Posting Komentar