Kamis, 24 Januari 2013

~* Inilah Rahasia Sholat *~


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Bismillahir-Rahmanir-Rahim

Saudaraku..."
Ali bin Abi Talib RA berkata, saat Rasululloh SAW duduk bersama para sahabat dari kaum Muhajirin dan Ansar, tiba2 datanglah satu rombongan orang2 Yahudi. Mereka lalu berkata, “Ya Muhammad, kami hendak bertanya kepada kamu kalimat2 yg telah diberikan oleh Alloh kepada Nabi Musa AS yg tdk diberikan kecuali kpd para nabi utusan Alloh atau malaikat muqarrab?”

Lalu Rasululloh SAW bersabda, “Silahkan bertanya”. Berkata orang Yahudi, “Terangkanlah kpd kami tentang lima waktu yg diwajibkan oleh Alloh SWT kpd umatmu?”

Sabda Rasululloh SAW, “Sholat Dzuhur jika tergelincir matahari, maka bertasbihlah segala sesuatu kpd Tuhan-Nya.
Sholat Ashar itu ialah saat ketika Nabi Adam AS memakan buah khuldi.
Sholat Maghrib itu adalah saat Alloh SWT menerima tobat Nabi Adam AS, maka setiap mukmin yg melaksanakan Sholat Maghrib dgn ikhlas kemudian dia berdoa meminta sesuatu kepada-Nya, Alloh SWT pasti akan mengabulkan permintaannya.

Sholat Isya’ itu ialah sholat yg dikerjakan oleh para Rasul2 sebelumku.
Sholat Subuh adalah sholat yg dilaksanakan sebelum terbit matahari, hal ini krn saat matahari terbit, terbitnya diantara dua tanduk setan dan saat itu merupakan waktunya sujud tiap orang kafir.”

Setelah orang Yahudi mendengar penjelasan dari Rasululloh SAW, mereka berkata, “Memang benar apa yg kamu katakan itu Muhammad. Katakanlah kpd kami apakah pahala yg akan didapat oleh orang yg melakukan sholat?”

Rasululloh bersabda, “Jagalah waktu2 sholat terutama yg pertengahan, yakni Sholat Dzuhur. Saat itu merupakan waktu nyalanya neraka Jahanam. Seorang mukmin yg mengerjakan sholat pd waktu itu akan diharamkan dari padanya uap api neraka jahanam pd hari kiamat.”

Rasululloh bersabda lg, “Waktu sholat Ashar adalah saat dimana Nabi Adam AS memakan buah khuldi. Seorang mukmin yg mengerjakan Sholat Ashar akan diampuni dosanya seperti bayi yg baru lahir.”

Setelah itu Rasululloh membacakan salah satu ayat AlQuran, “Jagalah waktu2 sholat, terutama sekali sholat yg pertengahan. Sholat Maghrib itu adalah saat dimana tobat Nabi Adam AS diterima. Seorang mukmin yg ikhlas mengerjakan sholat Maghrib kemudian meminta sesuatu dari-Nya maka Alloh akan perkenankan.”

Sabda Rasululloh lainnya, “Kubur itu sangat gelap dan begitu jg pd hari kiamat, maka seorang mukmin yg berjalan dlm malam gelap utk menunaikan Sholat Isya’ secara berjamaah, Alloh SWT haramkan muslim itu dari terkena nyalanya api neraka dan diberinya cahaya untuk menyeberangi titi sirath. 

Seorang mukmin yg mengerjakan sholat Subuh selama 40 hari secara berjamaah, akan diberi oleh Alloh SWT dua macam kebebasan yaitu dibebaskan dari api neraka dan dibebaskan dari nifaq.”

Sesungguhnya sholat itu terbagi menjadi dua bagian ada sholat syariat dan sholat hakekat. Maka tidaklah sempurna sholatnya seseorang, jika diantara keduanya tidak dijalankan dengan sempurna, adapun ketentuannya sebagai berikut: Jika sholat syariat itu hukumnya wajib untuk mengikuti tatacara yang sudah ditentukan dalam syariat sebagaimana yang telah di contohkan.

Sedangkan batasanya dimulai dari takbirratul ihram hingga hingga diakhiri dengan salam, sedangkan sholat hakekat di awali dari mulai salam hingga takbirratul ihram.” 

Mengapa demikian karena sesungguhnya bahwa sholat syariat itu dapat mencegah dari perbuatan munkar baik secara lakhir maupun batin. 

Hablum Minnallah (kita ber hubungan secara langsung terhadap Allah) sedangkan sholat hakekat artinya ketika kita melaksanakan kewajiban jita di dalam berhubungan dengan sesama makluk yang di sebut Hablum Minanas, yakni dalam rangka melaksanakan (Amal ibadah)

Sebagai isyarat untuk mengingatkan manusia kepada ketetapan serta kekuasaan Allah Yang Maha Agung   Yang Maha Tinggi kerajaan-Nya, Dan juga untuk meluruskan akhlak yang bengkok dan membersihkan jiwa umat manusia. 

Jika tujuan-tujuan tersebut tidak membekas dari sholatnya, maka sama artinya bahwa ibadah sholat yang dimaksud tidaklah sesuai dengan apa yang di syari'atkan.

Misalnya melakukan shalat. Allah memerintahkan kepada kita agar melakukan shalat secara lengkap dan sempurna. Sebagai bukti bahwa shalat itu telah dilakukan secara lengkap dan sempurna ialah dengan terhindarnya dari perbuatan keji dan munkar baik lahir maupun batin.

Hal ini sesuai dengan firman Allah di dalam Al-Qur'an; yang artinya."Sesungguhnya shalat mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar...".(Al-Ankabut, 29;45)

Dan..."Jika ternyata tidak terdapat bekas-bekas tersebut di dalam jiwa, maka shalatnya ibarat gerakan-gerakan dan isyarat kosong dari ruh ibadah dan rahasia-rahasianya. Maka dengan demikian nilai ibadah yang sesungguhnya akan menjadi hilang sama sekali.

Sebagaimana telah di firmankan Allah ; "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat (yaitu) orang yang lalai dari shalatnya".(Al-Ma'un, 107;4-5).

Subhanallah walhamdulillah...
Allah s.w.t. berfriman : "Apabila engkau telah menunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (Qs Al-jumu`ah : 10).
Demikian sekelumit tentang Rahasia sholat semoga saja  ber manfaat bagi kita semua Aamiin..."Wassalam,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar