Rabu, 16 Januari 2013

10. “ TANDA DIA JODOH KITA,’

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Bismillahir-Rahmanir-Rahim
Saudaraku..."
"Jika kamu menolong (agama) Allah, nescaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu" (Surah Muhammad, ayat 7)
Jodoh adalah perkara yang sudah ditetapkan oleh Allah yang maha Esa. Tetapi bagaimana kita mengetahui dia memang ditakdirkan untuk kita?
Allah SWT mengurniakan manusia telinga untuk mendengar, mata untuk melihat dan akal untuk berfikir.  Jadi gunakanlah dengan sebaik-baiknya untuk mengungkapkan rahsia cinta yang ditakdirkan.
Tanda Dia Jodoh Kita ke 1 Yang pertama adalah ; “Ketertarikan,’
 Dua manusia antara pria dan wanita masing-masing punyai rasa ketertarikan dan mereka  sama-sama merasakan ingin hidup bersama dan kalau jodoh pastinya di antara keduanya akan memiliki ikatan emosi, spiritual dan fizikal di antara keduanya.
Dan apabila mereka bersama, masing-masing dapat merasai kemanisan cinta dan saling memerlukan antara satu sama lain. 
Lalu gerak hati mereka mengatakan, dialah insan pilihan yang ditakdirkan untuk  menjadi pendamping hidupku.
Lalu benarkah seperti apa yang diperkatakannya itu ?  tentunya perlu untuk di buktikan bukan hanya sekedar dengan di ucapan tapi perlu di wujudkan dengan perbuatan serta penuh dengan kesungguhan dan tentunya harus yang sesuai dengan aturan yang telah di tentukan baik menurut ketentuan agama maupun oleh negara.
Namun
sebelum kita memulai dan melangkah lebih jauh kearah perjodohan maka sebaiknya kita pikirkan...Terlebih dahulu segala sesuatunya agar tiada penyesalan di kemudian hari karena apa bila tidak akibatnya akan sangat merugikan bahkan bisa jadi akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari, dan akibatnya selain akan dirasakan oleh diri sendiri...” juga bisa jadi bagi keluarga...
Olehkarena itu maka diperlukan penilaian yang apik dan selektif terhadap pilihan kita pada seseorang yang akan di jadikan sebagai pendaping hidup dan yang akan menjadi pasangan dalam ke hidup kita untuk selamanya dan bukan hanya di dunia ini saja.
Untuk itu maka diperlukan keseimbangan dengan  mengimbanginya dalam segalanya sesuatunya hingga seimbang, dan jika seandainya ada sedikit ketimpangan tentunya kita pun bakal mampu untuk mengatasinya.
 Yang sekiranya bisa di imbangi dengan kemampuan kita sehingga benar-benar dapat berimbang, terlebih dalam hal mencari pasangan hidup karena bukanlah hal yang mudah bahkan di perlukan pemikiran yang matang karena bukan hanya untuk waktu sesaat tetapi untuk seumur hidup bahkan untuk selama-lamanya dan bukan hanya untuk sekedar di dunia saja tetapi juga yang sekiranya dapat belangsung hingga di kehidupan kelak yakni di kehidupan akhirat.
Dengan demikian tentunya selain kita berharap untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia juga mengharapkan ke selamatan di akhirat, sehingga menjadikan hari-harimu penuh dengan kebahagiaan dan untuk selamanya.
Sedangkan yang akan menentukan Bahagia atau tidaknya hati ini adalah diri kita sendiri.  Intinya: Maka sandarkan kehidupmu kepada Allah dengan demikian Insya Allah engkau pun akan mendapatkan kebahagia untuk selamanya. Aamiin... 
Saudaraku...”
Selanjutnya mari kita simak dengan seksama beberapa tiv berikut dibawah ini agar kita dapat mengetahui dengan pasti seberapa pentingnya pengenalan dari tanda ; Apa Benarkah  Dia Yang Akan Menjadi  Jodoh Kita,’
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 2 Adalah ; “Bersahaja,’
Saudaraku..."
Pilihlah seorang kekasih yang mempunyai sikap bersahaja dan tidak bertingkah laku. 
 Coba perhatikan cara dia berpakaian, cara dia bercakap, dan cara dia tertawa serta cara makan dan minumnya. 
Adakah ia, sopan dan spontan ataukah hanya kepura-puraan dan tidak terkontrol sehingga kelihatan janggal.
Kalau kita kurang nyaman dengan gayanya, maka artinya bahwa dia sedang berlagak.
Sehingga, kita pun tidak dapat mengabil kesan baik dari dia karena tingkah lakunya yang urakan. 
Tetapi, apabila dia tampil bersahaja dan tidak dibuat-buat, maka dia adalah calon untuk pendamping hidup kita tapi sebaliknya jika tidak sesuai artinya . Mungkin dia bukan jodoh kita.
Tanda Jodoh Kita Yang Ke 3 Adalah ; “Senang Bersama,’
Walaupun kita selalu bersamanya, tidak ada sedikit pun perasaan bosan, jemu ataupun tertekan pada diri kita. 
Justru malah sebaliknya semakin lama kita pun semakin sayang kepadanya.  Dan kita senatiasa selalu ingin bersamanya dan kita pun merasa tenang, serta gembira karena dia menjadi pengobat luka dikala duka. 
Dia juga merasakan Hal yang sama.  Rasa senang sekali apabila bersama kita.
Sebaliknya apabila berjauhan, hati terasa sedikit tekanan dan ingin rasanya untuk segera berjumpa kembali dengannya. 
Tiada siang maupun malam, wajahnya selalu terbayang dan ketiadaannya selalu terkenang dan kita pun merasakan kehilangan.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 4 Adalah ; "Merima Kita Seadanya,'
Saudaraku..."
Berikut petanda yang menunjukkan bahwa dia jodoh kita adalah;  Ketika dia mahu menerima kita
Apapun adanya tanpa mempermasalahkan tentang kisah masa lalu kita yang mungkin pernah pula dilakukannya namun kita pun tiada ambil peduli. 
Mungkin dia tahu kita pernah berpisah dengan bekas kekasih kita sebelum ini . Namun dia juga tidak mengambil kisah siapa kita sebelum ini.
Yang penting, siapa kita sekarang. Biarpun dia tahu yang kita pernah mempunyai kekasih sebelumnya, tetapi dia pun tidak mau ambil hati dan langsung menerima kita dengan apa adanya.
Yang dia tahu, kita adalah miliknya kini.  Dia juga sedia berbagi kisah tentang masa lalunya. 
Karena dia tidak  mau dan tidak perlu menyimpan untuk menyimpan rahsia apa lagi bila memang dia sudah bersedia untuk menjadi pasangan hidup kita.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 5 Adalah; Sikap Jujur"
Jujur terhadap apa pun yang dilakukannya,  Dan senantiasa toleran terhadap apa yang di lakukan, asalkan tidak bertentangan dan menyalahi segala aturan hukum bai agama maupun hukum negara. 
Karena kejujuran seseorang itu dapat di lihat dan di nilai dari perbuatannya, apakah yang dilakukannya itu dengan penuh sejujurnya, ataukah hanya sekedar berpura-pura dan menipu,
Kejujur itu dapat dirasakan oleh hati kita, apabila dia melakukan sesuatu yang menipu pasti hati kita tahu.
Tapi selagi kejujuran itu masih bertakhta di dalam hati kita, maka kebahagiaan pun akan menjadi milik nya. 
Akan tetapi bila kejujuranya itu telah menjauh darinya maka ke hancuran pun akan segera tiba dan mengikis rasa cinta kita terhadapnya.
Karena kejujuran adalah menjadikan faktor yang paling penting bagi suatu hubungan. 
Dan apabila seseorang sudah tidak jujur, maka akan sukar baginya mengelak daripada berlaku curang kepada kita.
namun bila dia jujur, tentunya cinta kita pun akan semakin membara dan menghangat untuk begerak agar lebih mengikat kan hati kita dengan tali cintanya. 
Begitu pula bagi suami istri yang selalu disulami dengan kesetiaan maka pasti rumah tangganya akan membuahkan kebahagiaan dan ketentraman hati karena itu cinta yang sejati. 
Olehkarena itu jadikanlah pilihanmu kepada orang yang senantiasa memiliki sikap jujur karena, dialah sebaik-baik pilihan.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 6 Adalah; Percaya Mempercayai,'
Saudaraku...”
Setiap orang pasti mempunyai rahsia tersendiri.  Namun adakalanya rahsia ini perlu dikongsi supaya dapat mengurangkan beban yang ditanggung.
Apabila kita mempunyai rahsia adakalanya ingin memberitahu kan pada sang kekasih,  Tapi pastikan rahsia kita akan selamat di tangannya?  Karena bagi mereka yang berjodoh, pastinya harus sama-sama memiliki sifat saling percaya dan mempercayai antara satu sama lain
Sehingga jangan sampai timbul perasaan di dalam hati nurani mereka rasa tidak percaya. karena pada akhirnya mereka akan dapat merasakannya, dan perasaan yang selamat, hanya dapat dirasakan ketika kita bisa untuk saling percaya dan mempercayai satu sama yang lain.
Sekali pun bila harus membuka dan memberitahu rahasia-rahasia kita kepadanya dan dia membukakan rahasianya kepada kita sebagai kekasihnya maka itu akan jauh lebih baik jika dibanding kita terhadap rekan-rekan kita yang lain.
Ingat, kita tidak perlu menyimpan rahasia apa pun kepadanya karena  kita yakin bahwa segala rahasia kita akan aman. 
Dan inilah sebagai bukti dari rasa cinta kita yang sejati terhadapnya adalah melalui kepercayaan serta kejujuran. 
Maka bahagialah individu yang memperoleh cinta dan kedua-duanya.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 7 Adalah; Senang Bekerjasama,'
Saudaraku...”
Bagi kita inginkan hubungan cinta kita kekal dan dalam jangka waktu yang panjang, maka di perlukan kerjasama antara dia dengan kita agar dapat saling membantu dan bekerjasama, dalam melakukan segala hal asalkan tidak bertentangan dengan hukum Islam.
Karena seorang kekasih itu, pasti akan lebih suka untuk memberikan bantuan kepada ke kasihnya dan ikut membantu untuk meringankan beban kita begitu pula dalam menyelesaikan permasalahan apa pun yang di hadapinya oleh pasangannya.
Sehingga masalah seberat dan sukar apa pun pasti itu akan jauh lebih mudah untuk diselesaikan dibandingkan hanya dikerjakan oleh sendirian. 
Karena seberat apa pun masalah atau pekerjaan bila dilakukan secara bersama dan disertai dengan ke ikhlasan pastinya akan terasa ringan dan jauh lebih mudah untuk di kerjakanya. 
Maka dari itu pilihlah seorang kekasih yang bisa diajak kerja sama dengan penuh ke ikhlasan karena dia akan dapat dijakan sebagai teman di dalam mengarungi kehidupan. 
Seberat apa pun permasalahan yang di hadapi apa bila dihadapi bersama pasti akan jauh lebih mudah untuk di tuntaskan karena kita dapat saling bahu membahu dengangan pasangan kita sehingga akhirnya dapat meringankan beban serta tugas masing-masing.
Dengan berbekalkan itu kita semua dapat akan dapat melakukan apa pun dengan. Tanpa memerlukan bantuan dari orang lain karena kita dapat menyelesaikannya dengan kekasih kita dan itu akan jauh lebih menyenangkan bagi kita. 
Ini pentingnya bila kita dapat bekerja sama dengan kekasih kita dan kita pun akan lebih siap untuk menghadapi segala macam rintangan serta tantangan kehidupan di masa yang akan datang.
Dan tentunya dengan berbekalkan itu tentunya akan dapat mengantarkan kita dengan si dia kekasih kita kearah yang jauh lebih baik dan menjanjikan dimasa-masa yang akan datang. 
Lain halnya bila kita tidak bisa bekerja sama maka akibatnya akan dapat dirasakan dan sudah bisa di pastikan bahwa kitalah yang akan menanggung segala beban serta tanggungjawabnya  seratus persen.
Bukankah hal ini bila sampai terjadi hanya akan menyusahkan diri kita sendiri?
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 8 Adalah; Memahami Diri Kita,’
Saudaraku...”
Bagi pasangan yang berjodoh, dia mestilah memahami diri pasangannya.
Misalnya ketika sakit dia membawanya ke klinik.  Ketika kita berduka, dia ada dan selalu menghibur kita.
Begitu pula ketika kita tsedang mengalami kesusahan, dia pastinya rela untuk membantu kita, dan bersedia untuk menjadi pendengar yang setia. 
Dia pun selalu siap di setiap kesempatan untuk membantu kita baik dikala suka maupun duka mau pun duka dia pun tetap setia.
Meskipun harus mengalami pasang surut dalam percintaan. Ibarat Kata orang, "lidah sendiri pun dapat tergigit",
Inilah yang dinamakan cinta bagi pasangan suami istri yang selalu setia dan seia sekata'.
Ada pun pepatah ini bisa juga untuk pasangan kekasih. Apabila dia senantiasa selalu saling setia dan membela di dalam segala situasi.
Baik, di saat senang maupun dikala susah, disaat suka maupun duka dia pun selalu setia dan selalu ada itulah tandanya cita dan dia adalah calon pasangan buat kita yang sesuai untuk dijakan teman hidup kita.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke 9 Adalah; Tampilkan Kelemahan,’
Saudaraku...”
Ingat manusia tiada yang sempurna di dunia ini. 
Jika ada orang yang mengaku dia insan yang sempurna.
Maka tipulah dia dari segala segi. 
Karena dikalangan kita pasti memiliki kelemahan dan keburukan tertentu. 
Bagi dia yang bersedia menjadi teman hidup kita, tentu dia tidak akan mau menyimpan rahsia dan menyembunyikan kelemahannya bahkan ia akan bersedia memberitahukan tentang segala kelemahannya pada kita.
sekali pun hal itu memang bukanlah hal yang menyenangkan apa bila kita harus mahu mengakui segala kelemahan kita di hadapan sang kekasih yang kita puja.
Namun apabila ia memang telah di takdirkan untuk menjadi jodoh kita maka tentunya, dia tidak akan segan untuk mempamerkan keburukannya kepada kita. 
Misalnya, apabila dia bangun tidur, atau ketika dia sakit dan ketika dia tidak mandi sampai dua hari, tapi dia pun tidak menghalang kita untuk melayatnya.
Atau ketika dia tengah bekerja sekalipun berpakaian terlihat compang camping kumal bahkan mungkin di anggap hina oleh sebagian orang tapi dia tidak merasa malu saat kita menjumpainya
Dan Apabila di antara kita sudah saling menerima keadaan serta kelemahan masing-masing dengan segala kekurangan dan sifat buruk yang ada pada dirinya masing-masing, 
Maka artinya bahwa dia itu telah benar-benar ditakdirkan agar kita hidup bersamanya.
Tanda Dia Jodoh Kita Yang Ke10 akhir Adalah ; Kata Hati ,’
Saudaraku...” Dengarlah kata hati.  Karena kadangkala, manusia dikurniakan Allah indra ke enam yang dapat mengetahui dan memahami perasaan pada pasangannya.
Dengan indra batin ini juga kita dapat saling mengetahui perasaan masing-masing.
Kita dan dia juga dapat membaca fikiran antara satu sama lain dan dapat menduga reaksi dan pada setiap tindakan serta prilaku kita
Dan apabila nanti sudah tiba saatnya untuk kita menentukan. Apakah kita sudah benar-benar yakin bahwa dia adalah pilihan bagi teman hidup kita.
Maka tanyalah sekali lagi pada hati kita. apakah itu sudah benar bahwa dia ditakdirkan untuk kita? 
Lalu dengarlah kata hati kita dan buatlah pilihan. 
Selanjutnya serahkanlah segala urusannya pada ketentuan Yang Maha Kuasa, karena sesungguhnya segala sesuatunya ada dalam genggaman tangan-Nya.
kemudian lakukanlah Solat Istikharah dengan Tawakkal kepada Allah, karena sesungguhnya Jodoh dan pertemuan semuanya semuanya itu ada dalam kekuasaan Allah SWT. 
Ingat saudaraku manusia hanyalah berencana pada pentas-Nya, sedangkan dunia ini dan skripsinya telah dituliskan dan di tetapkan oleh Yang Maha Kuasa. 

Karena sesungguhnya kita hanyalah sebagai wayang yang yang memainkan pemeran lakon dalam permainan-Nya.
Namun adakalanya, dalam memainkan sebagai peranan lakon, pasti akan diberi petunjuk baik melalui mimpi atau gerak hati Sang sutra darara yang memberikan lakon.
bisa melalui mimpi bisa juga melalui bisikan hati, memang mimpi itu bunga tidur, tetapi apabila kita telah melakukan sembahyang atau sholat Istikharah dan memohon kepada Allah supaya Allah memberikan petunjuk-Nya kepada kita maka Insya-Allah dengan se izinnya kita pun akan mendapat petunjuk dari-Nya.
Selanjutnya, jika dia memang pilihan kita, maka buatlah keputusan yang baik dan jika seandainya dia bukan pilihan untuk kita, maka tolaklah dia dengan cara yang ter baik .
Karena sesungguhnya apa pun yang di lakukan oleh kita semata-mata hanya agar kita bisa mendapatkan ketetapan hati dan supaya mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di kehidupan kita kelak di akhirat kelak.
Dengan demikian semoga engkau mendapatkan jodoh yang ter baik yang akan dapat membahagiakanmu baik di dunia maupun di akhiratnya kelak. 
Saudaraku, setelah semuanya diusahakan, berserahlah dirilah kepadaNya dan teruslah berdoa. Ingatlah, nikmat di dunia ini hanya sementara.Tapi nikmat di akhirat adalah kekal abadi selamanya.
Maka dari itu perhatikan gerak hati kita apakah ia mengatakan, bahwa dia itu benar-benar insan yang ditakdirkan untuk menjadi pendamping hidup kita.
Jika sudah yakin, maka tetapkanlah pendirian kita sekalipun kita menemukan keburukan pada pasangan kita niatkanlah untuk menutupinya dan berusaha memperbaikinya semata-mata, hanya karena Allah kita mencintai nya dan itulah yang sesungguhnya yang dinamakan cinta sejati.
Begitu pula jika menemukan kelebihan pada pasangan kita maka niatkan untuk mengingatkannya agar dia tetap rendah hati karena Allah, itulah maknanya cinta yang hakiki.
Saat merasa tidak nyaman dengan pasangan kita, maka niatkanlah untuk selalu setia dan tinggal bersamanya karena, itulah cinta... “Yang dikatakan seia sekata.
Dan saat merasa begitu nyaman dengan pasangan kita, maka ingatkan kepadanya bahwa inilah karunia dari Allah, agar kita senantiasa selalu dapat mengingat-Nya dan kita pun akan selu merawat rasa cinta terhadapnya.
Demikianlah saudaraku yang dapat aku sampaikan semoga saja catatan ini bermanfaat dan tak lupa aku pun mohon maaf jika seandainya ada kata-kata yang kurang tepat atau kesalahan dan kepada-Nya aku pun memohon ampunan-Nya. Aamiin..."Wassalam,-
Bok; TIJAN=Titian-Jannah*~

5 komentar:

  1. Terima kasih atas masukkan ny. Kyag ny udh ad dalam kro

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas masukkan ny. Kyag ny udh ad dalam kro

    BalasHapus
  3. Terbaik ...👍👍👍👍👍.

    BalasHapus
  4. بشم الله ار حمن ار حيم

    Kak tolong motifasinya yha..
    Sya suka sama seorng santri pondok.dia klau melihat sya itu rsanya dia gk menyimpan rsa kpd sya...tpi sya ykin klau dia jdoh sya...bgaimana yha kak...?!?!

    BalasHapus