Bismillahir-Rahmanir-Rahim
Pasal Menjelaskan Penduduk Jawa Berpegang kepada Madzhab Ahlusunnah wal
Jama’ah dan Awal Kemunculan Bid’ah dan Meluasnya di Jawa serta
Macam-macam Ahli Bid’ah di Zaman ini
(فَصْلٌ) فِيْ بَيَانِ تَمَسُّكِ
أَهْلِ جَاوَى بِمَذْهَبِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ، وَبَيَانِ
ابْتِدَاءِ ظُهُوْرِ الْبِدَعِ وَانْتِشَارِهَا فِيْ أَرْضِ جَاوَى،
وَبَيَانِ أَنْوَاعِ الْمُبْتَدِعِيْنَ فِيْ هَذَا الزَّمَانِ
قَدْ
كَانَ مُسْلِمُوا الْأَقْطَارِ الْجَاوِيَةِ فِي الْأَزْمَانِ السَّالِفَةِ
الْخَالِيَةِ مُتَّفِقِي الْآرَاءِ وَالْمَذْهَبِ وَمُتَّحِدِي
الْمَأْخَذِ وَالْمَشْرَبِ، فَكُلُّهُمْ فِي الْفِقْهِ عَلَى الْمَذْهَبِ
النَّفِيْسِ مَذْهَبِ الْإِمَامِ مُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِيْسَ، وَفِيْ
أُصُوْلِ الدِّيْنِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ
الْأَشَعَرِيِّ، وَفِي التَّصَوُّفِ عَلَى مَذْهَبِ الْإِمَامِ
الْغَزَالِيِّ وَالْإِمَامِ أَبِي الْحَسَنِ الشَّاذِلِيِّ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُمْ أَجْمَعِيْنَ
Umat Islam yang mendiami wilayah Jawa sejak
zaman dahulu telah bersepakat dan menyatu dalam pandangan keagamaannya.
Di bidang fiqh, mereka berpegang kepada madzhab Imam Syafi’i, di bidang
ushuluddin berpegang kepada madzhab Abu al-Hasan al-Asy’ari, dan di
bidang tasawwuf berpegang kepada madzhab Abu Hamid al-Ghazali dan Abu
al-Hasan asy-Syadzili, maka dengan demikian semoga Allah meridhai mereka
semua.
ثُمَّ إِنَّهُ حَدَثَ فِيْ عَامِ اَلْفٍ وَثَلَاثِمِائَةٍ
وَثَلَاثِيْنَ أَحْزَابٌ مُتَنَوِّعَةٌ وَآرَاءٌ مُتَدَافِعَةٌ وَأَقْوَالٌ
مُتَضَارِبَةٌ، وَرِجَالٌ مُتَجَاذِبَةٌ، فَمِنْهُمْ سَلَفِيُّوْنَ
قَائِمُوْنَ عَلَى مَا عَلَيْهِ أَسْلَافُهُمْ مِنَ التَّمَذْهُبِ
بِالْمَذْهَبِ الْمُعَيَّنِ وَالتَّمَسُّكِ بِالْكُتُبِ الْمُعْتَبَرَةِ
الْمُتَدَاوِلَةِ، وَمَحَبَّةِ أَهْلِ الْبَيْتِ وَالْأَوْلِيَاءِ
وَالصَّالِحِيْنَ، وَالتَّبَرُّكِ بِهِمْ أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا،
وَزِيَارَةِ الْقُبُوْرِ وَتَلْقِيْنِ الْمَيِّتِ وَالصَّدَقَةِ عَنْهُ
وَاعْتِقَادِ الشَّفَاعَةِ وَنَفْعِ الدُّعَاءِ وَالتَّوَسُّلِ وَغَيْرِ
ذَلِكَ.
Kemudian pada tahun 1330 H timbul berbagai pendapat yang
saling bertentangan, mengenai isu yang bertebaran dan menjadi pertikaian
di kalangan para pemimpin. Diantara mereka ada yang berafiliasi pada
kelompok Salafiyyin yang memegang teguh tradisi para tokoh pendahulu.
Mereka bermadzhab kepada satu madzhab tertentu dan berpegang teguh pada
kitab-kitab mu’tabar, kecintaan terhadap Ahlul Bait Nabi, para wali dan
orang-orang salih. Selain itu juga tabarruk dengan mereka baik ketika
masih hidup atau setelah wafat, ziarah kubur, mentalqin mayit,
bersedekah untuk mayit, meyakini syafaat, manfaat doa dan tawassul serta
lain sebagainya.
وَمِنْهُمْ فِرْقَةٌ يَتَّبِعُوْنَ رَأْيَ
مُحَمَّدْ عَبْدُهْ وَرَشِيدْ رِضَا ، وَيَأْخُذُوْنَ مِنْ بِدْعَةِ
مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ النَّجْدِيْ ، وَأَحْمَدَ بْنِ
تَيْمِيَّةَ وَتِلْمِيْذَيْهِ ابْنِ الْقَيِّمِ وَعَبْدِ الْهَادِيْ
Diantara mereka (sekte yang muncul pada kisaran tahun 1330 H.),
terdapat juga kelompok yang mengikuti pemikiran Muhammad Abduh dan
Rasyid Ridha. Mereka melaksanakan kebid’ahan Muhammad bin Abdul Wahhab
an-Najdi, Ahmad bin Taimiyah serta kedua muridnya, Ibnul Qoyyim dan
Abdul Hadi.
فَحَرَّمُوْا مَا أَجْمَعَ الْمُسْلِمُوْنَ عَلَى
نَدْبِهِ ، وَهُوَ السَّفَرُ لِزِيَارَةِ قَبْرِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَخَالَفُوْهُمْ فِيْمَا ذُكِرَ وَغَيْرِهِ
Mereka mengharamkan hal-hal yang telah disepakati oleh orang-orang
Islam sebagai sebuah kesunnahan, yaitu bepergian untuk menziarahi makam
Rasulullah Saw. Dan selain itu juga berselisih pula dalam
kesepakatan-kesepakatan lainnya.
قَالَ ابْنُ تَيْمِيَّةَ فِيْ
فَتَاوِيْهِ : وَإِذَا سَافَرَ لِاعْتِقَادِ أَنَّها أَيْ زِيَارَةَ قَبْرِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَاعَةٌ ، كَانَ ذَلِكَ
مُحَرَّمًا بِإِجْمَاعِ الْمُسْلِمِيْنَ ، فَصَارَ التَّحْرِيْمُ مِنَ
الْأَمْرِ الْمَقْطُوْعِ بِهِ
Ibnu Taimiyah menyatakan dalam
Fatawa-nya: “Jika seseorang bepergian dengan berkeyakinan bahwasanya
mengunjungi makam Nabi Saw. sebagai sebuah bentuk ketaatan, maka
perbuatan tersebut hukumnya haram dengan disepakati oleh umat Muslim.
Maka keharaman tersebut termasuk perkara yang harus ditinggalkan.”
قَالَ الْعَلَّامَةُ الشَّيْخُ مُحَمَّدْ بَخِيتْ اَلْحَنَفِيُّ
اَلْمُطِيْعِيُّ فِيْ رِسَالَتِهِ اَلْمُسَمَّاةِ تَطْهِيْرَ الْفُؤَادِ
مِنْ دَنَسِ الْإِعْتِقَادِ : وَهَذَا الْفَرِيْقُ قَدْ اُبْتُلِيَ
الْمُسْلِمُوْنَ بِكَثِيْرٍ مِنْهُمْ سَلَفًا وَخَلَفًا ، فَكَانُوْا
وَصْمَةً وَثُلْمَةً فِي الْمُسْلِمِيْنَ وَعُضْوًا فَاسِدًا
Al-‘Allamah Syaikh Muhammad Bakhit al-Hanafi al-Muth’i menyatakan dalam
kitabnya Thathhir al-Fuad min Danas al-I’tiqad (Pembersihan Hati dari
Kotoran Keyakinan) bahwa: “Kelompok ini sungguh menjadi cobaan berat
bagi umat Muslim, baik salaf maupun khalaf. Mereka adalah duri dalam
daging (musuh dalam selimut) yang hanya merusak keutuhan Islam.”
يَجِبُ قَطْعُهُ حَتَّى لَا يُعْدِى الْبَاقِيَ ، فَهُوَ كَالْمَجْذُوْمِ
يَجِبُ الْفِرَارُ مِنْهُمْ ، فَإِنَّهُمْ فَرِيْقٌ يَلْعَبُوْنَ
بِدِيْنِهِمْ يَذُمُّوْنَ الْعُلَمَاءَ سَلَفًا وَخَلَفًا
Maka
wajib menanggalkan/menjauhi (penyebaran) ajaran mereka agar yang lain
tidak tertular. Mereka laksana penyandang lepra yang mesti dijauhi.
Mereka adalah kelompok orang yang mempermainkan agama mereka. Hanya bisa
menghina para ulama, baik salaf maupun khalaf.
وَيَقُوْلُوْنَ :
إِنَّهُمْ غَيْرُ مَعْصُوْمِيْنَ فَلَا يَنْبَغِيْ تَقْلِيْدُهُمْ ، لَا
فَرْقَ فِيْ ذَلِكَ بَيْنَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ يَطْعَنُوْنَ
عَلَيْهِمْ وَيُلْقُوْنَ الشُّبَهَاتِ ، وَيَذُرُّوْنَهَا فِيْ عُيُوْنِ
بَصَائِرِ الضُّعَفَاءِ ، لِتَعْمَى أَبْصَارُهُمْ عَنْ عُيُوْبِ هَؤُلَاءِ
Mereka menyatakan: “Para ulama bukanlah orang-orang yang terbebas dari
dosa, maka tidaklah layak mengikuti mereka, baik yang masih hidup maupun
yang telah meninggal.”
Mereka menyebarkan (pandangan/asumsi) ini pada orang-orang bodoh agar tidak dapat mendeteksi kebodohan mereka.
وَيَقْصِدُوْنَ بِذَلِكَ إِلْقَاءَ الْعَدَاوَةِ وَالْبَغْضَاءِ ،
بِحُلُوْلِهِمْ اَلْجَوَّ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ،
يَقُوْلُوْنَ عَلَى اللهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ ، يَزْعُمُوْنً
أَنَّهُمْ قَائِمُوْنَ بِالْأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيِ عَنِ
الْمُنْكَرِ ، حَاضُّوْنَ النَّاسَ عَلَى اتِّبَاعِ الشَّرْعِ وَاجْتِنَابِ
الْبِدَعِ ، وَاللهُ يَشْهَدُ إِنَّهُمْ لَكَاذِبُوْنَ .
Maksud
dari propaganda ini adalah munculnya permusuhan dan kericuhan. Dengan
penguasaan atas jaringan teknologi, mereka membuat kerusakan di muka
bumi. Mereka menyebarkan kebohongan mengenai Allah, padahal mereka
menyadari kebohongan tersebut. Menganggap dirinya melaksanakan amar
makruf nahi munkar, merecoki masyarakat dengan mengajak untuk mengikuti
ajaran-ajaran syariat dan menjauhi kebid’ahan. Padahal Allah Maha
Mengetahui, bahwa mereka berbohong.
Demikianlah bahasan untuk kali ini dan Insya Allah Masih Bersambung...>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar