Minggu, 20 Februari 2011

PEMBAGIAN SIFAT-SIFAT ALLOH.

keseluruhan sifat-sifat yang wajib bagi Alloh itu terbagi menjadi empat bagian:
1. Sifat NAFSIAH yaitu suatu hal yang wajib bagi Dzat Alloh bersifat dengan
sifat WUJUD (Ada), yang wujudnya itu tidak disebabkan oleh suatu sebab apapun.
...Sifat Nafsiah ini hanya memiliki satu sifat, yakni WUJUDLihat Selengkapnya

· Anda, Dania Hidayat, Na Suhailyah, Ociey Wamena, dan 13 orang lainnya menyukai ini.
  • Yang ke-2: Sifat SALBIAH yaitu suatu sifat yang menafikan (meniadakan) semua sifat yang tidak layak bagi Alloh. Sifat salbiah memiliki lima sifat yaitu: Qidam (terdahulu,tanpa ada awalnya), Baqa' (kekal abadi), Mukhalafatu lil-Hawadits (ber...lawanan dengan sesuatu yang baru), Qiyamuhu Binafsihi (berdiri dengan dirinya sendiri), dan Wahdaniat (Esa dzat-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya).

    • Bagian yang Ke-3: Sifat MA'ANI yaitu semua sifat maujud yang berdiri pada Dzat Alloh yang maujud, yang mewajibkan Dzat itu bersifat dengan suatu hukum sifat ma'nawiyah. Sifat MA'ANI ini meliputi tujuh sifat yaitu: Qudrat=Kuasa, Iradat=Berkehendak, Ilmun=Mengetahui, Hayat=Hidup, Sam'un=Mendengar, Bashar=Melihat, dan Kalam=Berbicara.

      Yang Ke-4: Sifat MA'NAWIYAH yaitu suatu hal yang tetap (tsabit) bagi Dzat Alloh bersifat dgn sifat Ma'nawiyah. Terdapat ikatan yg kuat antara sifat Ma'ani & sifat Ma'nawiyah. Dan sifat Ma'nawiyah ini meliputi tujuh sifat yaitu: Qadirun=Yg Kuasa, Muridun=Yg Berkehendak, 'Alimun=Yg Mengetahui, Hayyun=Yg Hidup, Sami'un=Yg mendengar, Bashirun=Yg Melihat dan Mutakallimun=Yg Berbicara.

      Demikianlah telah kita bicarakan (di status) Duapuluh Sifat yg WAJIB bagi Alloh, dan Dua puluh Sifat yg MUSTAHIL bagi-Nya. Selanjutnya hanya Satu Sifat yg JA'IZ bagi Alloh yaitu: Fi'lu kulli mumkinin au tarkuhu=Melakukan segala yang mungkin atau meninggalkannya.
      Lihat Selengkapnya


    • Nurassajati Purnama Allam Saudaraku." jumlah Aqa-idul-Iman itu ada Empat puluh satu. Berikut ada sembilan aqa-id lainnya yg akan diterangkan di tautan brikutnya. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar